Cinta Terhadap Lingkungan, OSIS SMA Kristen Kesetnana Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Kontributor : SN001
IMG 20240318 WA0022
Helda Sorongan, Ketua OSIS SMA Kristen Kesetnana

TTS, SN – Menyikapi perubahan iklim, Perangkat Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Kristen Kesetnana gelar sosialisasi terkait dengan pengelolaan sampah organik maupun anorganik di lingkungan sekolah. Kegiatan yang diinisiasi oleh Youth Advisory Panel (YAP) dan juga Perangkat OSIS SMA Kristen Kesetnana tersebut didukung oleh PLAN Indonesia yang berlangsung di sekolah setempat pada Jumat, 15 Maret 2024.

Climate Change Spesialist PLAN Indonesia, Fredrika Rambu, kepada media ini menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut terlaksana karena inisiatif dari teman-teman di YAP (Youth Advisory Panel) dan juga perangkat OSIS SMA Kristen Kesetnana.

“Kegiatan ini terlaksana karena sebelumnya teman-teman Dewan Penasihat Remaja atau Youth Advisory Panel (YAP) mengikuti training adaptasi perubahan iklim yang mana kami mengenalkan apa itu perubahan iklim sekaligus mengajak mereka untuk melihat apa saja kerusakan lingkungan yang ada di sekitar mereka, maka isu sampah menjadi sorotan tersendiri.”

“Seusai mengikuti kegiatan tersebut maka teman-teman YAP yang telah bekerja sama dengan OSIS SMA Kristen Kesetnana berinisiatif untuk melakukan sosialisasi sampah di sekolah dan juga membuat tempat sampah yang ramah lingkungan di sekolah, karena itu kegiatan ini juga didukung oleh PLAN Indonesia.” Pungkas Rambu

Rambu juga menjelaskan bahwa materi yang diberikan dalam sosialisasi tersebut yaitu terkait bagaimana memilih dan memilah sampah, dan juga bagaimana mendaur ulang sampah di lingkungan sekolah, sekaligus juga mengajak semua peserta untuk menjadi agen perubahan dalam pengelolaan sampah.

“Jadi, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini kami berharap anak-anak muda memiliki kesadaran dan lebih mencintai lingkungan dimanapun mereka berada dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu anak – anak muda mampu menjadi agen perubahan terkait dengan pengelolaan sampah, sehingga mereka bisa memilih, memilah, dan mendaur ulang sampah yang ada sehingga tidak mencemari lingkungan.”

Baca Juga :  Kado Istimewa Dies Natalis 11 Universitas Muhamadiyah Maumere Gratiskan Biaya Kuliah Anak Yatim dan Yatim Piatu

Sementara itu Ketua OSIS SMA Kristen Kesetnana, Helda Sorongan, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh perangkat OSIS SMA Kristen Kesetnana yaitu tentang perubahan iklim yang mana berkaitan dengan pengelolaan limbah organik maupun anorganik yang baik dan secara bertanggungjawab sehingga tidak mencemarkan lingkungan.

“Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama OSIS SMA Kristen Kesetnana dan Youth Advisory Panel (YAP) sebagai salah satu organisasi dibawah naungan PLAN, dan kegiatan sosialisasi ini juga didukung penuh oleh PLAN Indonesia.”

Helda berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut mampu meningkatkan kesadaran peserta didik terkait pentingnya pengelolaan sampah.

“Harapan kami dari kegiatan ini adalah bagaimana sampah yang ada di lingkungan sekolah, dalam hal ini SMA Kristen Kesetnana tidak terbuang secara cuma-cuma atau sembarangan tetapi bisa dikelola dengan baik sehingga bernilai ekonomis yang mana bisa diolah menjadi kompos, dan lainnya.”

Helda juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan salah satu dari program OSIS, karena itu seusai sosialisasi akan ditindaklanjuti dengan aksi nyata.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu program dari kami perangkat OSIS, jadi bukan hanya sekadar untuk sosialisasi saja namun ini menjadi program OSIS secara berkelanjutan.”

“Inisiatif ini muncul karena selaku ketua OSIS saya melihat bahwa banyak sampah organik yang belum dimanfaatkan dengan baik. Sehingga melalui kegiatan ini juga kami akan memanfaatkan setiap sampah yang ada untuk mendaur ulang sehingga memiliki nilai jual sekaligus juga terhindar dari pencemaran lingkungan.”

Helda juga menyampaikan bahwa dari semua perangkat OSIS yang ada memiliki solidaritas yang tinggi guna mendukung setiap program yang ada.

“Selaku ketua OSIS saya menyampaikan terima kasih kepada semua perangkat OSIS yang ada karena memiliki solidaritas yang tinggi dan mendukung setiap program yang ada, saya juga menyampaikan terima kasih kepada teman-teman Youth Advisory Panel (YAP) yang juga telah membangun kerja sama dengan kami. Mewakili semua perangkat OSIS juga saya menyampaikan terima kasih kepada PLAN Indonesia yang telah mendukung penuh kegiatan ini.”

Baca Juga :  Pj. Bupati Kupang Pastikan Kualitas Ujian: Kunjungi SD Inpres Nitneo dan SMP Negeri 4

Pantauan media ini, 25 peserta didik yang mengikuti sosialisasi tersebut sangat antusias

  • Bagikan